Koperasi Kuat, Tetap Bertahan

Koperasi Sejati Mulia, itulah nama koperasi yang masih tetap berdiri disekitar rumah ku. Satu – satunya koperasi terbesar yang ada di kecamatan wilayah rumah ku. Sungguh sangat takjub bila mengetahui ketangguhan koperasi tersebut.

Berdirinya koperasi itu sejak aku masih kecil bahkan mungkin aku belum lahir, koperasi itu sudah berdiri. Koperasi yang terletak di jalan Jatipadang kecamatan Pasar Minggu, koperasi yang dari tahun ke tahun mengalami kemajuan dan perkembangan.

Dimulai dengan keadaan bangunan hanya satu lantai, kini sudah berkembang menjadi dua lantai. Dan mengalami perubahan bentuk bangunan hingga perluasan bangunan. Bisa kita bayangkan bagaimana koperasi tersebut sangat maju.

Di koperasi tersebut menjual berbagai macam kebutuhan, dimulai dari kebutuhan rumah tangga hingga kebutuhan anak sekolah ada dalam koperasi tersebut. Cukup lengkap barang – barang yang dijual dalam koperasi tersebut.

Namun harga yang disajikan agak mahal dibandingkan dengan tempat lainnya. Pernah aku menanyakan hal tersebut kepada orangtua ku, mengapa harga barang – barang disana lebih mahal? Lalu dengan lugas, orangtua ku menjawab, karena keuntungan yang di dapat dari koperasi tersebut akan di bagi dua yaitu keuntungan untuk koperasi tersebut dan para anggota yang ikut dalam koperasi itu.

Setelah mendengar penjelasan dari orangtua ku, maka aku mengerti sebab mahalnya harga barang – barang yang dijual disana. Tapi sungguh ironi, koperasi itu tetap berdiri kokoh bahkan lebih kokoh walaupun dalam keadaan harga jual yang seperti itu.

Sesuatu yang lebih fantastis lagi, koperasi itu tetap terjaga walau banyak minimarket yang didirikan diseberang koperasi tersebut. Bahkan yang gulung tikar adalah minimarket tersebut. Sudah dua minimarket yang berganti nama namun tetap kalah bersaing dengan koperasi itu dan akhirnya minimarket itu ditutup.

Saat ini, bisa dibilang koperasi itu lebih memiliki saingan berat karena selain diseberang koperasi, terdapat pula minimarket yang berdiri disamping koperasi itu. Dengan merk dagang yang sudah cukup terkenal dan menjamur saat ini.

Lalu bagaimanakah keadaan koperasi sejati mulia di masa yang akan datang? Akan kah tetap bertahan atau kalah bersaing dengan kompetitornya?

Apabila para anggota koperasi dan masyarakat sekitar koperasi masih mendukung berdirinya koperasi, pastinya koperasi itu akan tetap terjaga. Dan akan timbul kesejahteraan yang akan dirasakan oleh anggota dan masyarakat sekitar koperasi tersebut.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s