Sungguh Berharganya Waktu

Waktu bagaikan uang, itulah ungkapan bangsa barat mengenai waktu. Mengapa demikian? Karena manusia sangat membutuhkan uang sehingga saat ia membuang waktunya untuk hal – hal yang kurang bermanfaat maka ia akan membuang uangnya.

Bangsa barat dapat mendeskripsikan waktu sebagai uang karena mereka berfikir untuk komersil saja. Sehingga segala sesuatu yang diperbuat menggunakan tolak ukur materi semata dan tidak heran apabila mereka mendeskripsikan seperti itu.

Dalam islam, waktu juga sangat penting. Hingga terkutip dalam al qur’an surat Al Ashr yang berarti masa (waktu). Yang terdiri dari 3 ayat dengan arti : demi masa, sesungguhnya manusia itu benar – benar berada dalam kerugian, kecuali orang – orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasihati supaya menetapi kesabaran.

Sangat jelas terpampang bahwa waktu sangat berharga dan rugilah orang yang tidak memanfaatkan waktu untuk kebajikan. Kita dianjurkan untuk mengerjakan amal sholeh karena amal sholeh yang kita perbuat akan kembali kepada kita pula manfaatnya. Selain itu, amal sholeh adalah bekal kita di akhirat nanti sebagai pemberat timbangan kebaikan yang akan kita terima dengan tangan kanan.

Kita juga dianjurkan untuk nasehat menasihati dalam kebenaran kepada sesama manusia agar terciptanya keamanan, kenyamanan dan ketentraman dalam hidup di dunia. Apabila kebohongan sudah merajalela maka dunia ini akan hancur karena tidak ada lagi yang bisa menjaga kebenaran.

Nasehat menasihati dalam kesabaran juga sangat penting. Sehingga kita sebagai makhluk kecil yang diciptakan ALLAH SWT dapat mensyukuri apapun yang diberikan kepada kita. Cobaan yang ALLAH berikan kepada kita juga harus kita hadapi dengan kesabaran karena kesabaran adalah kunci orang yang beriman.

Semoga kita tidak termasuk golongan orang – orang yang merugi. Waktu yang kita miliki sekarang dapat kita maksimalkan untuk kebaikan diri kita sendiri dan orang lain. Amin ya Robbalallamin.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s