Menjamurnya pengamen dan pengemis di Indonesia

Disetiap jalan yang kita lewati, pasti kita akan melihat satu dua bahkan lebih orang-orang yang mencari uang dengan cara mengamen dan mengemis. Apakah itu cara yang mudah untuk dapat memperoleh uang?

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa melakukan pekerjaan itu. Seperti tanpa ada rasa malu lagi mereka meminta kepada orang lain. Dengan pakaian yang kumal, wajah yang berdebu, keringat yang bercucuran dan peralatan seadanya, mereka melakukan itu untuk mendapatkan uang.

Mengapa hal itu bisa terjadi,di negeri yang kaya ini?

Apa yang salah dengan penanganan negeri ini?

Ini semua adalah masalah sosial yang harus diselesaikan dengan segera. Mereka melakukan hal tersebut karena mereka membutuhkan uang untuk makan sehari-hari dan keperluan untuk hidupnya namun mereka tidak memiliki tempat yang layak untuk memperoleh pekerjaan.

Mereka tidak memiliki keahlian atau skill yang baik untuk memperoleh pekerjaan yang layak. Mereka mengandalkan cara yang mudah dan bisa mereka lakukan. Walau dengan banyak hinaan orang kepada mereka, mereka tetap melakukan pekerjaan tersebut karena tidak ada cara lain untuk mendapatkan selain hal tersebut. Sekalipun itu ada, mereka tidak akan mau untuk meraihnya karena cara mudah untuk mendapatkan uang yaitu dengan mengamen dan mengemis.

Disinilah peran pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk menanggulani masalah sosial ini. Peran pemerintah diusahakan untuk dapat memberikan lapangan pekerjaan yang luas dan  mudah sehingga para pengamen dan pengemis dapat beralih dari mengamen atau mengemis menjadi pekerja resmi yang dilindungi pemerintah. Dan peran masyarakat agar tidak memberikan ruang untuk hidupnya para pengamen dan pengemis tersebut serta memberikan image negative untuk para pengamen dan pengemis tersebut sehingga timbulnya rasa malu para pengamen dan pengemis agar mereka tidak melakukan pekerjaan itu lagi

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s