Masa Lalu

Masa lalu adalah suatu masa yang telah kita lewati. Masa lalu dapat bersifat menyenangkan ataupun menyedihkan, tergantung setiap orang menilainya seperti apa. Masa lalu sebaiknya dijadikan hanya sebagai kaca spion dalam hidup, hanya dilihat saat-saat tertentu dan bentuknya yang kecil sehingga tidak membuat kita untuk terpaku pada masa lalu. Namun kaca spion itu juga penting untuk kita melihat kebelakang atau masa lalu untuk koreksi dan sebagai pembelajaran dalam hidup. Bagaimana saat kita berbuat suatu kesalahan di masa lalu agar tidak terulang lagi di masa depan dan sebagai penyemangat di saat membanggakan untuk masa depan.

Masa lalu merupakan batu loncatan untuk masa depan. Saat masa lalu kita buruk bukan berarti masa depan kita menjadi buruk juga. Masa lalu diciptakan untuk memperbaiki diri kita agar lebih baik lagi di masa depan. Memang tergantung pada pribadi manusianya masing-masing, namun adakah manusia yang mau selalu buruk dalam hidupnya? Pastinya tidak. Setiap orang ingin hidupnya baik dan berguna untuk dirinya dan orang lain.

Untuk itulah, biarkan saja masa lalu yang telah terjadi, yang harus kita fikirkan adalah bagaimana masa depan kita nanti karena itulah yang akan kita hadapi. Seseorang yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka ia menjadi orang yang merugi dan seseorang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin maka ia menjadi orang yang beruntung.

Maukan kita menjadi orang yang beruntung? Tidak perlu ditanya, pasti kita mau. Untuk itu mari kita tinggalkan kenangan masa lalu dan fokuskan untuk masa depan karena kita tidak bisa kembali ke masa lalu tetapi kita pasti akan bertemu dengan masa depan.

Persiapkan masa depan kita dari sekarang, sehingga tidak terjadi sesuatu yang ragu saat kita telah berada di masa depan. Sudah tersiapkan rencana-rencana baik untuk masa depan yang membuat hidup kita lebih indah dan menyenangkan serta kesalahan-kesalahan dapat diminimalisir dengan baik. Tetap semangat untuk meniti masa depan karena perjalanan kita masih panjang.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s