Jangan pernah berhenti untuk berbuat baik

Dalam menjalani kehidupan ini, hal yang tidak dapat dihindarkan adalah berinteraksi dengan makhluk lainnya, baik itu berwujud manusia ataupun hewan dan tumbuhan. Disinilah akan terlihat bagaimana sikap kita berhubungan dengan mereka yang ada disekeliling kita.

Hanya ada dua alternatif sikap serta tindakan yang bisa dilakukan dalam interaksi tersebut yaitu perbuatan baik (terpuji) dan perbuatan buruk (tercela). Dari dua tindakan tersebut mengandung arti yang saling bertentangan.Perbuatan baik memberikan suatu manfaat kepada yang lain sedangkan perbuatan buruk memberikan suatu akibat kepada yang lain.

Dalam menentukan tindakan atau perbuatan apa yang sebaiknya kita lakukan, sudah pasti perbuatan baik yang akan kita pilih. Namun tahukah kamu, bahwa berbuat baik itu sangat sulit. Mengapa bisa sulit? Saat kita berbuat baik, kita harus mengeluarkan segala yang kita miliki atau dengan kata lain berkorban atas apa yang kita punya untuk membantu orang lain serta membuat orang lain bahagia.

Disinilah dibutuhkan jiwa patriot serta keikhlasan dalam bertindak. Pasti kita pun juga sudah tahu bahwa berbuat ikhlas juga sangat sulit. Apabila mulut berkata ikhlas, hatipun belum tentu merasa yang sama begitu pula sebaliknya, apabila hati merasa ikhlas, mulutpun belum tentu merasa seperti itu.

Tetapi jangan khawatir sahabat, segala yang kita lakukan entah itu perbuatan baik ataupun buruk, semuanya akan kembali pada diri kita masing-masing. Untuk itu apabila kita ingin imbalan yang baik dalam hidup ini, maka sering-seringlah berbuat baik untuk orang lain. Walaupun sekali lagi itu sulit, tetapi inilah cobaan yang menarik untuk diri kita.

Dengan berbuat baik, kita akan membuat minimal dua pihak merasa senang atau bahagia  yaitu diri kita sendiri dan pihak lain yang kita berikan kebaikan. Dengan demikian tetaplah berbuat baik dan jangan pernah berhenti untuk berbuat baik.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s